Selasa, 23 Agustus 2011

Perubahan Bermuara pada Keraguan

Siapa bilang berubah itu mudah??!
Nyatanya, setiap perubahan itu butuh waktu yang tidak instan...dan cenderung membutuhkan proses yang panjang. Apakah itu perubahan yang sifatnya personal, institusional, ataupun global yang berada pada tataran negara.

Setiap tahap perubahan senantiasa diiringi keraguan tentang bagaimanakah kenyataan yang akan aku dapatkan dengan keputusan akan perubahan tersebut. Dengan adanya keraguan ini, sudah sangat manusiawi jika yang diinginkan adalah suatu kepastian.
Nah, lalu bagaimanakah untuk mendapatkan kepastian tersebut?

Tentu, langkah pertama yang biasa aku lakukan adalah mindset settlement atau pengukuhan akan sebuah pemikiran/wawasan. Dengan demikian, ada langkah awal suatu rangkaian rencana yang dijabarkan pada suatu konsep tentang perubahan. Poin yang paling penting adalah goal atau tujuan yang ingin aku raih haruslah jelas dan achievable atau realistis untuk dicapai dengan keadaan yang aku akan hadapi. 

Well, everything is not that simple....benar saja, ketika proses berubah itu dijalani ada "kerikil" yang dihadapi, yang itu semua terkait dengan pemeliharaan mental untuk selalu konsisten dan sikap seperti apa yang mesti aku ambil untuk mengatasi pergolakan perasaan yang muncul berulang kali.

Semoga aku bisa terus menjadi manusia yang lebih baik seiring dengan perubahan yang dijalani, apapun itu.
Hidup tidak bisa lepas dari perubahan...perbedaan antara cita-cita dengan kenyataan yang harus dihadapi, bukanlah sesuatu yang tidak lazim dalam mengarungi kehidupan.
Tentang bagaimana merancang sebuah perubahan, di sanalah proses awal belajar menjadi manusia yang lebih dewasa akan berlangsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar